Selasa, 11 September 2012

Menata Bukan Pekerjaan Sekali Jadi


                Seringkali Penanggung Jawab Gudang dihadapkan dengan berbagai permasalahan dalam menata barang di gudang yang terbatas. Bila kondisi gudang luas maka tentunya lebih mudah bagi pengawas gudang dalam melakukan penataan barang. Menata barang perlu mempertimbangkan : pergerakan barang (fast-slow moving), ukuran barang (besar- kecil), sistem penjualan barang (partai-eceran), dan kelompok barang sehingga pada prinsipnya mampu menghasilkan pergerakkan minimal, ketepatan pencarian, kecepatan pencarian dan optimalisasi kapasitas muat gudang.

                Banyak dari pengawas gudang mempertahankan sistem penataan yang telah diterapkannya. Dalam mengatur penempatan barang (lay out penempatan barang) sudah mempertimbangkan prinsip-prinsip penataan. Oleh karena itu banyak dari pengawas gudang enggan melakukan perubahan penempatan barangnya. Mengubah berarti ada pekerjaan tambahan dalam melakukan pemindahan barang sedangkan jumlah petugas gudang terbatas, butuh sosialisasi pada peda petugas gudang agar mereka dapat mencari barang dengan tepat dan cepat, adanya faktor resiko kesalahan dalam pengambilan atau membutuhkan waktu dalam mencari barang.

                Kondisi telah berubah, tidak selamanya produk tertentu menjadi maskot dan terjual lebih banyak sehingga digolongkan sebagai barang fast moving. Bila sistem penataannya tidak berubah maka prinsip menata barang sudah tidak digunakan lagi dalam proses penataan barang karena item barang yang fast moving  telah berubah. Mempertahankan sistem penataan yang telah dilakukan akan menghambat terwujudnya pergerakan pekerja seminimal mungkin dalam mencari barang.

                Apabila seluruh barang yang ditempatkan di gudang berada pada lokasi penempatan yang sama, mungkin dampak mempertahankan posisi/letak penempatan barang tidak berpengaruh terlalu besar terhadap minimalisasi pergerakaan petugas gudang dalam mencari barang. Namun bila gudang penempatan barang ada di 4 lantai, maka tindakan memindahkan penempatan barang fast-moving di lantai 1 sangat berpengaruh pada kecepatan pelayanan ke pelanggan. Pelanggan tidak beralih ke pesaing karena kecepatan pelayanan yang baik.

                Lakukan evaluasi periodik 3 bulanan untuk memahami pergerakkan barang dan mengambil langkah yang tepat untuk mengatur penempatannya. Pekerjaan mengatur pemindahan barang mungkin membutuhkan waktu 1 hari tetapi berpengaruh pada frekuensi pengambilan barang untuk periode waktu yang lebih panjang.

Selamat tuk menghasilkan karya terbaik kita tuk peningkatan produktifitas perusahaan anda.

Salam sukses selalu
Drs.Psi. Reksa Boeana
Executive Partner PT. Smart Business Solution


Dapatkan peluang passive income sebesar 20% dari penerapan program active learning

Hubungi 08563221722, https://activelearning.site dapatkan peluang latihan berpikir dan free konsultasi untuk memperbaiki kinerja gudang anda dengan latihan berpikir active learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar