Kamis, 13 September 2012

Mengelola dan Menempatkan Barang Fast Moving



Barang Fast Moving  perlu menjadi perhatian khusus pengelola gudang. Omzet terbesar perusahaan dihasilkan oleh barang fast moving. Oleh karena itu dalam penataan dan pengendalian, barang fast moving mendapat perhatian khusus. Umumnya pengelola gudang telah memahami posisi penempatan atas barang fast moving. Penempatan yang tepat untuk barang fast moving adalah didekat pintu gudang. Apabila gudang memiliki 2 pintu maka penempatan barang fast moving diletakkan di dekat pintu keluar barang. 

Penempatan barang fast moving di rak penempatan juga diposisi arah pintu keluar gudang. penempatannya di rak berada dalam jangkauan. Penempatannya perlu diatur dengan tepat sehingga mengurangi pergerakkan dalam mengambil dan mengeluarkan barang fast moving. Prinsip pergerakkan seminimum mungkin dan transportasi seefisien mungkin perlu diterapkan dalam mengatur penempatan barang fast moving. Untuk barang tertentu yang besar dan berat dapat ditempatkan di kolong rak penempatan barang, atau rak bagian bawah. Penempatannya di atas palet penempatan barang diupayakan untuk tidak melebihi paletnya, karena pergerakan atas barang ini dibutuhkan kecepatan sehingga dengan penempatan didalam palet barang maka akan menghindari resiko kerusakan. 

Pengendalian atas ketersediaan barang fast moving menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Stock minimum perlu ditetapkan dan dikendalikan dengan baik. Visual control atas ketersediaan stock bila memungkinkan dibuat agar petugas gudang menjadi peka atas ketersediaan barang fast moving. Akurasi data persediaannya juga diperhatikan karena akan berpengaruh pada penjualan.
Namun dalam prakteknya, banyak kejadian barang fast moving tidak lagi berada di posisi penempatan yang tepat. Bukan karena petugas gudang tidak patuh atau disiplin dalam menata barang tetapi karena jumlah kedatangannya yang cukup besar. Pengelola gudang perlu mempertimbangkan faktor kedatangan barang karena akan berpengaruh pada posisi penempatan barang di lokasi penempatannya. 

Bercampurnya penempatan item barang fast moving dan item barang lain, sangat berpengaruh pada kecepatan pelayanan gudang dalam menyiapkan barang. Posisi penempatan yang berpindah menjadi di bagian ujung lokasi penempatan yang jauh dari pintu keluar. Penempatan barang yang berada di 2 lokasi atau lebih. Tentunya akan berpengaruh terhadap kecepatan pelayanan gudang. oleh karena itu perlu diupayakan sistem pengaturan yang tepat, antisipasi atas kedatangan barang dalam jumlah yang tak terduga dan penempatan yang tidak bercampur dengan item barang lain perlu diterapkan dengan disiplin kerja yang tinggi.
Berbagi untuk mendatangkan manfaat, salam sukses selalu.

Drs.Psi.Reksa Boeana
Executive Partner PT. Smart Business Solution


Dapatkan peluang passive income sebesar 20% dari penerapan program active learning

materi active learning : http://www.activelearningsolution.blogspot.com

Hubungi 08563221722, https://activelearning.site anda dapat membaca artikel dengan klik blogger. dapatkan peluang menguasai materi warehouse management dan free konsultasi meningkatkan kinerja produktifitas gudang anda dengan latihan berpikir active learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar